MEMPERKIRAKAN TERBENTUKNYA ENDAPAN BERDASARKAN HARGA Ksp


kita dapat memprediksi apakah endapan akan terbentuk bila kita Mencampurkan dua larutan. Apakah semua campuran menghasilkan endapan? Hal ini dapat kalian telaah lebih lanjut dengan membuka reaksi yang menghasilkan endapan animasi berikut
Pernahkah terpikir oleh kalian, Bagaimanakah senyawa dapat mengendap? Kemudian temukan jawabannya dengan video ini akan menggambarkan bagaimana suatu senyawa dapat mengendap, lalu apakah yang menyebabkan senyawa mengendap??

video

Dalam proses di industri dan laboratorium, kita dapat menyesuaikan konsentrasi ion hingga mendapatkan hasil kali ion yang melampaui Ksp. Lalu apakah hasil kali ion itu, yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan endapan tertentu??
Kita akan bahas lebih lanjut..
reaksi larutan jenuh AgCl dalam air.


AgCl dapat dihasilkan ketika mereaksikan larutan AgNO3 dengan NaCl, apakah akan terbentuk endapan AgCl yang sedikit larut dalam air?? untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita perlu mengetahui Qc AgCl dari reaksi tersebut. jika hasil kali ion (Qc) untuk larutan lebih besar dari konstanta hasil kali kelarutan  (Ksp) AgCl maka akan terjadi endapan AgCl.
 Qc = (Ag+)(Cl-) > Ksp









Hasil kali ion (Qc) untuk garam adalah hasil kali konsentrasi molar ion dipangkatkan dengan koefisien ion tersebut. Apakah yang terjadi dalam larutan ketika Qc = Ksp dan ketika Qc > Ksp?
Gambar di bawah ini menunjukkan kemungkinan kombinasi dari konsentrasi ion Ag+ dan Cl- dalam larutan air. Setiap titik sepanjang garis melengkung dalam grafik ini sesuai dengan sistem pada kesetimbangan.


Dari grafik diatas menurut kalian apakah yang terjadi pada larutan di titik E dan D? pada titik E akan terjadi pengendapan sedangkan pada titik D belum terjadi endapan. Maka :

1.    Qc < Ksp, maka larutannya belum jenuh (tidak terjadi pengendapan)

2.    Qc = Ksp, maka larutannya tepat jenuh (belum terjadi pengendapan)

3.    Qc > Ksp, maka larutan lewat jenuh (terjadi pengendapan)


Sebuah fenomena reaksi kesetimbangan yang terjadi secara alami. Stalaktit dan stalagmit, terbentuk selama ratusan tahun merupakan CaCO3 yang mengendap dari air kapur.

Ksp CaCO3 adalah 8,7 × 10-9 sehingga mudah mengendap, ini dapat kita lihat pada gua-gua kapur.

Dengan membuka proses terbentuknya stalagtit dan stalagmit ini, kalian akan mengetahui bagaimana proses terbentuknya stalaktit dan stalakmit…

selain stalaktit dan stalakmit yang terbentuk dari hasil reaksi pengendapan, ternyata ditubuh kita juga terdapat reaksi pengendapan yang berbahaya bagi tubuh yaitu batu ginjal. Batu ginjal dalam tubuh akan terbentuk bila terjadi pengendapan garam kalsium fosfat atau kalsium oksalat secara perlahan-lahan. Pengendapan akan terjadi dalam proses pencernaan bila konsentrasi ion oksalatnya berlebihan dan menimbulkan terbentuknya kalsium oksalat. Ion kalsium dalam plasma darah yang berfungsi sebagai pengontrol gerak otot akan berkurang bila diikat oleh ion oksalat.

Buka penyebabbatu ginjal ini untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai batu ginjal, untuk gambaran secara jelasnya mengenai terbentuk batu ginjal dalam tubuh kalian dapat membuka video ini…



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar